Sabtu, 26 Maret 2011

Tugas

10 pertanyaan tentang Sistem dan Teknologi Informasi

1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan Information Economics (IE)!
Information Economics (IE) adalah salah satu metode yang digunakan untuk menganalisis biaya dan manfaat suatu rencana investasi TI/SI

2. latar belakang mengapa TI perlu diukur kinerjanya :
-
•Kontribusi terhadap kinerja organisasi
>>Komunikasi lebih baik
>>Tersedianya informasi utk decision
>>Sinergi anggota tim
>>Menjamin proyek tepat waktu
•Isu-isu kinerja individu
>>Meningkatnya layanan
>>Ragam produk bertambah
>>Meningkatnya kepercayaan pelanggan
•Cara mengukur
>>Menyusun budget dan IT Plan
>>IT sebagai bagian sasaran jangka panjang
>>Memperhitungkan IT sebagai investasi
>>Prioritas proyek IT
>>Melakukan evaluasi berkala

3. apa saja keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh dari penerapan TI dalam kegiatan bisnis perusahaan:

Enhance Competitiveness
Perusahaan dapat membuat website bagi produk atau jasa yang akan dijual dan memasukkan website tersebut ke dalam search engine, memasarkan & mempromosikannya dalam bentuk email melalui mailing list, serta menggunakan sarana chatting sebagai sarana customer service. Dengan strategi ini, perusahaan diharapkan mampu mempertahankan pangsa pasarnya.

Managing Risks
Berbagai jenis aplikasi TI juga telah tersedia untuk membantu manajemen dalam mengelola dan mengurangi risiko bisnis seperti forecasting, financial advisory, planning expert dan lain-lain.

Reduce Cost
Pengurangan biaya melalui penerapan Teknologi informasi dapat dicapai melalui:

* Eleminasi proses
Menghilangkan atau mengeliminasi proses-proses yang dirasa tidak perlu. Contoh call center untuk menggantikan fungsi layanan pelanggan dalam menghadapi keluhan pelanggan.

* Simplifikasi proses
Proses yang panjang dan berbelit-belit (birokratis) bisa disederhanakan dengan mengimplementasikan berbagai komponen teknologi informasi. Contoh pemesanan dapat dilakukan melalui situs perusahaan tanpa perlu datang ke bagian pemesanan.

* Integrasi proses
Teknologi informasi juga mampu melakukan pengintegrasian beberapa proses menjadi satu sehingga terasa lebih cepat dan praktis (secara langsung akan meningkatkan kepuasan pelanggan juga).

* Otomatisasi proses
Mengubah proses manual menjadi otomatis merupakan tawaran klasik dari teknologi informasi.

Research & Development
Dalam hal penggunaan internet, banyak perusahaan menggunakannya untuk melakukan riset dan pengembangan. Riset ini dapat berfungsi untuk mengetahui seberapa jauh keunggulan produknya dibanding produk sejenis lain yang sudah ada. Riset juga berguna untuk mengetahui apa yang sedang dikerjakan oleh kompetitor dengan produk yang sejenis. Dan pada akhirnya, hasil riset bisa digunakan untuk mencari formula baru yang dapat memperkuat mutu dari produk atau jasa.

Add Value
Bahwa penerapan TI menjadi suatu keniscayaan perusahaan modern. Di mata konsumen, modernitas suatu perusahaan bisa dinilai dari tampilan websitenya atau berbagai layanan e-business yang menyertainya seperti e-banking, e-shops, e-commerce, dan lain-lain.


4.Jelaskan apa yang dimaksud dengan Help Desk!

helpdesk adalah semacan tim support yang membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan. karena ini adalah tim helpdesk open source maka tentunya yang di bantu adalah permasalahan open source.

5. Jelaskan Manfaat help desk!

* Untuk memberikan kemudahan Customer dalam memperoleh dukungan dan informasi yang dibutuhkannya dari perusahaan.
* Monitoring dan tracking semua informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan (baik yang bersifat informasi biasa, komplain, saran, dll) yang dikirim oleh customer.
* Memberikan pelayanan dan dukungan total kepada pelanggan sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan.
* Memberikan respon kepada pelanggan dengan lebih efektif, cepat dan tepat, serta monitoring dan melihat status setiap kontak/informasi yang masuk, apakah sudah mendapatkan follow up oleh staff yang bersangkutan atau belum.

6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Call Center!

Call Center adalah sebuah kelompok petugas yang terdidik untuk memberikan pelayanan berupa informasi yang diperlukan oleh pelanggan melalui telepon. Sehingga ada 4 (empat) elemen yang harus tersedia dalam suatu call center yaitu :

* Petugas Call Center (Operator/Agent)
* Fasilitas Telepon
* Pelanggan yang membutuhkan informasi
* Data/Informasi untuk keperluan pelanggan
* Mengatur staff/bagian yang mendapat otorisasi untuk akses dan melakukan pelayanan (follow up) terhadap semua kebutuhan pelanggan (customer)

7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Computer Telephony Integration (CTI)!

CTI adalah satu set teknologi untuk mengintegrasikan dan mengatur komputer dan sistem telepon.

8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Interactive Voice Response (IVR)!
IVR merupakan suatu sistem yang dapat digunakan untuk menerima dan menjawab setiap panggilan telepon secara otomatis.

9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Outsourcing!

Outsourcing adalah pendelegasian operasi dan manajemen harian dari suatu proses bisnis kepada pihak luar (perusahaan penyedia jasa outsoucing).

Hal-hal yang didelegasikan dalam outsourcing adalah suatu fungsi dan proses bisnis tertentu untuk disisipkan dalam operasional bisnis perusahaan secara keseluruhan. Menurut Ir Chandra Suwondo PhD dalam bukunya ’’Outsourcing, Implementasi di Indonesia”, bahwa prinsip-prinsip outsourcing telah dijalankan sejak dulu, saat bangsa Yunani dan Romawi menyewa prajurit asing untuk bertempur pada peperangan mereka serta menyewa ahli bangunan untuk membangun kota beserta istana. Dengan perkembangan sosial yang ada, prinsip outsourcing mulai diterapkan dalam dunia usaha.

10.Jelaskan keuntungan Outsourcing!

-Mengatasi Pengangguran
Sebagai negara berkembang yang berpenduduk lebih dari 200 juta jiwa, tingkat pengangguran di Indonesia juga sangat tinggi. Bayangkan, hingga saat ini kita punya 11 juta pengangguran lho! Dan jumlah itu akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang. Konon pertumbuhannya mencapai 2,5 juta jiwa per tahun! Di sini, outsourcing membantu menyalurkan para pencari kerja ke perusahaan-perusahaan yang menjadi kliennya. Outsourcing diyakini sebagai salah satu cara mengatasi pengangguran.

-Jembatan Menuju Karir Sebenarnya
Outsourcing bisa menjadi jembatan bagi fresh grad untuk menuju karir yang sebenarnya. Yang terpenting, dalam proses ke arah tersebut kita sudah memiliki bekal yang cukup. Dan untuk mengumpulkan bekal itu, mindset fresh grad harus diubah. Sebagai seorang yang belum berpengalaman ada baiknya kalo kita tidak pilih-pilih kerjaan. Maksudnya, jangan terobsesi dengan ke-idealisme-an kita. Tapi yang perlu diingat adalah ketika nanti telah bekerja sebagai karyawan outsourcing, sebaiknya tidak bekerja setengah-setengah alias asal-asalan dikarenakan pekerjaan tersebut hanya untuk batu loncatan saja. Secara tidak langsung, dengan bekerja secara optimal, itu akan membentuk karakter kerja kita dengan sendirinya. Bekal pengalaman dengan bekerja secara baik, dapat membuat kita memperoleh perpanjangan kontrak, dan peluang meraih posisi sebagai karyawan tetap.

-Bekerja sebagai karyawan outsourcing sedikit banyak memberikan pengetahuan dan pengalaman. Dalam jangka waktu yang terbatas itu (1-3 tahun –tergantung kebutuhan user), dapat digunakan untuk belajar beradaptasi dengan dunia kerja, dan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Apalagi, beberapa training juga turut diberikan pada karyawan outsourcing ini, sehingga softskill dan hardskill kita pun akan terasah. Pada akhirnya, ketika mendapat peluang lebih baik, bekal pengalaman tersebut pun sudah ada dari bekerja sebagai karyawan outsourcing itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar